Ingin Menerbitkan Novel Romantis? 5 Sub Genre Novel Romantis Berikut Ini Patut Kamu Coba Tulis

Ingin Menerbitkan Novel Romantis? 5 Sub Genre Novel Romantis Berikut Ini Patut Kamu Coba Tulis

Sub genre novel romantis perlu untuk kamu ketahui jika kamu ingin menulis ataupun menerbitkan novel bergenre romantis. Sub genre sendiri merupakan kelompok jenis karya fiksi yang merupakan bagian dari genre yang lebih besar.

Setiap sub genre novel romantis tentu saja memiliki ciri khasnya tersendiri. Akan tetapi, tetap bisa ditarik benang merahnya yaitu terkait hubungan antara dua orang yang memiliki hubungan romantis.

Ingin Menerbitkan Novel Romantis? 5 Sub Genre Novel Romantis Berikut Ini Patut Kamu Coba Tulis

Nah, lalu apa saja sih sub genre dari novel romantis? Yuk simak uraiannya pada pembahasan di bawah ini:

1. Sub Genre Romantis Kontemporer

Genre ini mengambil setting waktu setelah Perang Dunia II sampai dengan saat ini. Sub genre ini merupakan jenis yang paling umum ditemukan dan relevan dengan kehidupan pada zamannya (sesuai dengan setting waktu yang digunakan dalam novel).

Untuk topik yang diangkat dalam novel ini biasanya mencakup kisah cinta sejati, hubungan romantis antara dosen dengan mahasiswa, perjodohan, benci jadi cinta sampai dengan perjanjian pernikahan. Beberapa contoh dari novel dengan sub genre romance kontemporer ini misalnya yaitu:

  1. Progresnya Berapa Persen karya Soraya Nasution
  2. Untuk Arunika karya Miftahul Jannah
  3. Dalam Setiap Lafal karya Septiana
  4. Saat-Saat Jatuh karya Lia Seplia
  5. The Architecture of Love karya Ika Natassa

2. Romantis Histori (Romantis Sejarah)

Sub genre novel romantis berikutnya yaitu historical romance, novel ini mengambil setting pada periode sejarah tertentu, misalnya periode penjajahan Belanda di Indonesia. Biasanya cerita yang disajikan berupa kisah cinta yang diwarnai dengan norma sosial, budaya, dan peristiwa sejarah pada masa itu. Contoh novel dengan sub genre percintaan historis yaitu Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

3. Young Adult Romance (Romantis Remaja)

Sub genre ini target audience-nya para remaja usia 15-20 tahun. Novel romantis jenis ini biasanya seputar kehidupan percintaan anak sekolah sampai kuliah. Problem yang diangkat tentu saja lebih ringan daripada jenis sub genre romantis kontemporer.

Contoh tema yang diangkat dalam novel ini yaitu:

  • Kisah cinta pertama
  • Persahabatan jadi cinta
  • Pencarian jati diri
  • Dan lain sebagainya.

Sementara itu contoh dari novel ini yaitu:

  1. Mariposa karya Luluk HF
  2. 12 Cerita Glenn Anggara karya Luluk HF
  3. Dear Nathan karya Erisca Febriani
  4. Jingga dan Senja karya Esti Kinasih

4. Roman Inspirasi

Sub genre dari novel romantis ini bisa disebut juga dengan novel religi. Kisah yang disajikannya tentu saja mengandung teladan dan inspirasi yang menggabungkan unsur agama atau keyakinan spiritual ke dalam cerita.

Sub genre ini menjadi salah satu genre yang menarik untuk dibaca. Selain menghibur, di dalamnya terdapat petuah agama yang bisa disampaikan dengan baik tanpa terkesan menggurui. Nah, untuk rekomendasi dari novel religi di antaranya yaitu:

  1. Dalam setiap Lafal karya Septiana
  2. Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman El shirazy
  3. Bukan Aku Yang Dia Inginkan karya Sari Fatul Husni

5. Speculative Romance

Ciri dari sub genre ini ialah menghubungkan berbagai unsur futuristik dan fantasi. Tema yang biasa diambil dari sub genre ini diantaranya yaitu:

  • gothic romance,
  • time travel romance,
  • paranormal romance.

Beberapa contoh dari novel romantis dengan sub genre speculative romance yaitu Tujuan: Jakarta 2040 karya Mashuri dan Twilight karya Stephenie Meyer.

Nah, itulah beberapa cabang genre dari novel romantis yang bisa kamu tulis. Dari beberapa rekomendasi tersebut mana nih yang menurut kamu paling menantang untuk ditulis? Atau menurutmu semuanya mudah untuk ditulis?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *