Bingung Bagaimana Cara Menulis Kisah Komedi Romantis yang Apik? Simak Tipsnya Berikut Ini

Bingung Bagaimana Cara Menulis Kisah Komedi Romantis yang Apik? Simak Tipsnya Berikut Ini

Salah satu kisah yang banyak penulis buat adalah kisah komedi romantis. Sesuai namanya, kisah ini memadukan unsur romantis yang manis dengan komedi yang mengundang tawa pembacanya. Apakah kamu tertarik juga untuk membuatnya? Silakan simak tips untuk membuat kisah komedi romantis berikut ini.

Bingung Bagaimana Cara Menulis Kisah Komedi Romantis yang Apik? Simak Tipsnya Ini

Menulis kisah romantis, apalagi yang dibalut dengan unsur komedi harus diakui tidaklah mudah. Sebab, ukuran lucu dan tidak bagi setiap orang akan berbeda.

Tapi bukan berarti kamu tidak boleh coba menantang diri untuk menulis kisah komedi romantis. Berikut tips yang dapat kamu terapkan ketika ingin mencoba menuliskan kisah dengan genre yang satu ini.

1. Rajin Membaca Referensi

Supaya bisa menuliskan kisah yang mengena bagi pembaca, kamu akan membutuhkan banyak referensi. Karena itulah ada baiknya kamu memperbanyak bacaan yang mendukung cerita yang kamu tulis.

Kamu bisa membaca buku dengan genre serupa supaya tahu bagaimana penulis lain menyampaikan kisahnya. Tetapi, tetaplah ingat untuk menuliskan kisahmu sendiri ya.

Selain buku, kamu pun dapat menjadikan film maupun serial tv sebagai sumber referensi. Dengan begitu, kamu bisa coba melatih kemampuan kamu untuk menggambarkan adegan yang kamu tonton tersebut melalui kata-kata.

2. Perkenalkan Tokoh Sendiri-Sendiri Terlebih Dulu

Untuk bisa membuat pembaca tersentuh, kamu perlu memperkenalkan tokoh utama ceritamu terlebih dahulu. Ada baiknya, sebelum membuat dua tokoh utama bertemu, kamu meperkenalkan mereka berdua secara terpisah.

Dengan begitu, pembaca akan bisa tahu bagaimana ciri khas serta kelebihan dan kekurangan dari karakter utama yang kamu buat. Dari perkenalan ini, pembaca pun bisa memutuskan untuk emndukung tokoh tersebut setelah tahu apa tujuan hidup dari si karakter.

3. Buat Adegan Pertemuan yang Berkesan

Salah satu faktor yang membuat buku dengan cerita komedi romantis banyak menarik minat pembaca adalah hadirnya banyak moment menggemaskan antara kedua tokoh utamanya.

Kamu bisa mulai menarik perhatian pembaca dengan menuliskan adegan pertemuan yang menarik. Salah satu contoh yang kerap penulis pakai adalah kedua tokoh utama yang selalu bertengkar sebelum akhirnya saling menyukai.

Kamu boleh memakai adegan yang sudah sering penulis lain gunakan, tetapi jangan lupa untuk menambahkan hal unik  yang akan membuat orang kenal dengan tulisanmu.

4. Sajikan Alur yang Bertahap

Jatuh cinta pada pandangan pertama memang tidak mustahil terjadi, tetapi untuk membuat pembaca ikut mengerti dan mendukung kedua tokoh utamamu, ada baiknya tampilkan beberapa moment yang menunjukkan proses mereka saling menyukai.

5. Tunjukkan Perjuangan Kedua Tokoh untuk Bersama

Meskipun memiliki unsur komedi, jangan lupa untuk menunjukkan perjuangan kedua tokoh supaya bisa bersama. Kamu bisa menampilkan konflik yang tidak terlalu berat tetapi memiliki pengaruh yang besar untuk kedua tokoh utama tersebut.

Salah satu contoh yang bisa kamu tampilkan adalah keduanya masih memiliki cita-cita yang bisa jadi membuat hubungan keduanya sulit diwujudkan. Kamu pun bisa membuat kedua tokoh berpisah sementara untuk menambahan unsur dramatis.

6. Tambahkan Karakter Pendukung yang Lucu

Jangan sampai lupa juga untuk menambahkan karakter pendukung yang bisa menghibur pembaca. Umumnya, karakter pendukung ini dapat hadir sebagai sosok teman bagi tokoh utama maupun sahabat dari saingan tokoh utama .

Itulah tips untuk menulis cerita komedi romantis untuk kamu yang masih bingung menuliskannya. Semoga bisa membantu kamu dan tetap semangat menulis ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *