Bingung Bagaimana Mulai Menulis Buku Bergenre Fantasi? Coba Langkah Berikut

Bingung Bagaimana Mulai Menulis Buku Bergenre Fantasi? Coba Langkah Berikut

Sebelumnya, Kita pernah membahas tentang 3 alasan untuk menulis cerita fantasi. Kali ini, Kami membagikan beberapa langkah untuk memulai menulis sebuah buku bergenre fantasi. Sebab, meski sering disebut dibuat berdasarkan imajinasi semata, nyatanya, menulis cerita fantasi tidaklah semudah itu.

Bingung Bagaimana Mulai Menulis Buku Bergenre Fantasi? Coba Langkah Berikut

Meskipun bukan hal yang mudah, Kami sarankan kamu untuk tidak menyerah menulis kisah fantasi jika memang ingin. Berikut langkah-langkah yang bisa coba kamu terapkan untuk menulis fantasi.

1. Pilihlah Ide atau Topik yang Kamu Rasa Menarik

Langkah pertama yang bisa kamu terapkan dalam kesehariannya adalah memilih ide atau topik yang akan kamu tulis. Supaya mudah dalam menuliskannya, ada baiknya kamu menulis hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari baru kemudian kamu beri sentuhan fantasi.

2. Membuat Daftar Pertanyaan Untuk Menjadi Panduan

Terkadang, memiliki ide atau topik menarik belum tentu langsung membuat kamu bisa mengolahnya menjadi sebuah cerita yang apik. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuat daftar pertanyaan yang harus kamu jawab sendiri. Pertanyaan dan jawaban ini, nantinya akan sangat membantu kamu dalam proses menulis supaya tidak kehilangan arah.

3. Putuskan Latar dari Cerita Fantasi yang akan Kamu Tulis

Dalam sebuah cerita fantasi, latar merupakan salah satu hal yang paling penting. Latar akan bisa membuat pembaca cerita fantasi yang kamu tulis kelak ikut membayangkan serta tidak bingung ketika membaca.

Bahkan, tidak jarang pembaca akan ikut berimajinasi tentang bagaimana rasanya hidup di dunia yang ada di dalam cerita yang kamu tulis. Sebagai informasi, kamu tidak perlu selalu membuat dunia baru berisi berbagai macam hewan ajaib. Sebagai gantinya, kamu bisa menuliskan campuran antara dunia nyata yang kita tinggali dengan dunia fantasi yang telah banyak orang kenali.

4. Deskripsikan Setiap Tokoh yang Muncul Secara Detail

Selain latar tempat atau waktu, karakter juga merupakan faktorpenting yang akan menentukan apakah cerita fantasi milikmu menarik bagi pembaca. Membuat karakter bisa dibilang adalah sebuah tantangan karena harus bisa membuat pembaca merasa terhubung sehingga mau mendukungnya. Tetapi, ada baiknya kamu tidak terlalu membebani diri dengan berbagai macam pikiran ketika merancang karakter.

Hal yang terpenting adalah kamu bisa memberikan informasi yang jelas sehingga pembaca bisa mengenal karakter yang kamu buat.

5. Buat Garis Besar Cerita Fantasi Terlebih Dahulu Kemudian Kembangkan

Supaya kamu tidak bingung ketika memulai proses penulisan nantinya, kamu bisa membuat garis besar cerita dalam bentuk point. Di dalamnya kamu bisa menuliskan uritan adegan serta siapa saja tokoh  dan konflik apa yang akan kamu tampilkan.

Agar bisa memancing rasa penasaran orang yang membacanya kelak, sebaiknya kamu bisa mengungkapkan cerita secara perlahan tetapi juga tidak bertele-tele. Alur yang terlalu cepat, umumnya akan membuat pembaca tidak bisa merasa terhubung. Sementara alur yang terlampau lambat, dikhawatirkan bisa membuat pembaca merasa bosan.

6. Buat Judul yang Menarik

Ingatlah juga untuk membuat judul yang menarik perhatian bagi pembaca. Satu tips membuat judul yang bisa kamu coba adalah silakan coba untuk membuat judul yang bisa menjelaskan isi cerita fantasi buatan kamu. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan kata petualangan jika cerita fantasi kamu berisikan perjalanan dan petualangan tokoh utama bersama teman-temannya.

7. Tulis dan Edit

kamu mungkin sudah sering mendengar langkah yang satu ini. Tetapi sebagai penulis, hal yang harus kamu lakukan adalah mulai menulis ceritamu dan tidak terlalu fokus pada ide.

Terlalu fokus pada ide justru akan membuat kamu lupa untuk menuliskan cerita utuh yang pembaca nantikan. Karena itu, selain merancang cerita, jangan sampai lupa untuk menuliskannya ya.

Setelah selesai menulis, jangan sampai lupa untuk mengeditnya. Sebab, ketika proses menulis, bisa saja kamu melakukan kesalahan tanpa kamu sadari. Mengedit tulisan juga bisa membantu kamu memperbaiki cerita untuk menjadi lebih baik serta nyaman dibaca.

Itulah 7 langkah yang dapat kamu coba lakukan saat ingin mencoba menulis buku dengan genre fantasi. Memang, menulis fantasi memiliki tingkat kesulitan yang tinggi tapi bukan tidak mungkin. Karena itu, jangan menyerah dan putus asa ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *