Kamu Penulis Pemula? Hindari Kesalahan Ini

Kamu Penulis Pemula? Hindari Kesalahan Ini

Bagi kamu yang baru saja melangkahkan kaki ke dunia menulis, tentunya sering mengalami kebingungan dalam membuat tulisan. Akibatnya, kamu bisa saja tanpa sadar membuat kesalahan yang seharusnya tidak boleh seorang penulis lakukan. Pada kesempatan kali ini, Kami akan ajak kamu untuk mengenal apa saja kesalahan yang harus penulis hindari.

Kamu Penulis Pemula? Hindari Kesalahan Ini

Membuat kesalahan terutama ketika kamu baru saja mulai menulis adalah hal yang biasa. Tetapi jika kesalahan tersebut tidak diperbaiki, tentunya hal tersebut akan memberikan pengaruh terhadap kualitas tulisanmu nantinya.

1.  Membuat Pembuka Cerita yang Tidak Kuat

Pembukaan merupakan salah satu bagian penting dari sebuah cerita. Sebab, ia adalah penentu apakah pembaca akan tertarik atau tidak untuk membaca kelanjutan cerita yang kamu tulis. Dan salah satu kesalahan yang sering penulis pemula lakukan tentang pembuka cerita adalah tidak membuatnya kuat.

Contoh pembuka cerita yang tidak kuat adalah pembuka cerita yang tidak langsung mengenalkan konflik. Akibatnya, pembaca tidak bisa langsung menangkap inti cerita yang kamu tulis dan besar kemungkinan akan memilih cerita lain yang sudah langsung mengenalkan konflik utamanya.

Solusinya adalah kamu bisa langsung menunjukkan masalah apa yang akan dihadapi oleh tokoh utama, baru kemudian menunjukkan penyelesaiannya secara perlahan selama cerita berlangsung.

2. Tidak Fokus untuk Menyelesaikan Cerita

Kesalahan selanjutnya yang sering penulis lakukan tanpa sadar adalah tidak fokus untuk menyelesaikan cerita. Ya, kebanyakan penulis baru sering terlalu memikirkan masalah penerbitan. Hal tersebut memang tidak salah mengingat memiliki buku sendiri tentu merupakan impian setiap penulis.

Tetapi, satu hal yang perlu kamu ingat adalah buku tidak akan bisa terbit kalau belum selesai ditulis. Oleh karena itulah, hal yang sebaiknya penulis lakukan terlebih dahulu adalah fokus untuk menyelesaikan tulisannya.

3. Terlalu Tergantung Pada Mood

Mood atau suasana hati memang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kegiatan sehari-hari. Tidak ada yang bisa memungkiri kalau mood yang tidak baik akan membuat segala hal yang manusia lakukan menjadi terasa tidak maksimal.

Tetapi, bagi seorang penulis, terlalu tergantung pada mood adalah sebuah kesalahan. Sebab, mood adalah sesuatu yang selalu berubah dan jika kegiatan menulis tergantung pada mood akan membutuhkan waktu yang lama bagi seorang penulis untuk menyelesaikan ceritanya.

Solusinya adalah kamu bisa membuat jadwal menulis yang harus kamu patuhi. Tidak perlu membuat jadwal yang panjang , yang penting adalah kamu bisa menyediakan waktu untuk menulis dengan konsisten setiap harinya.

4. Tidak Membaca Karya Penulis Lain

Isu plagiat merupakan hal yang sangat sensitif bagi seorang penulis. banyak yang tidak ingin terkena kasus ini sehingga memilih untuk tidak membaca karya penulis lain. Hal tersebut bisa dimengerti tetapi bukanlah solusi yang tepat.

Sebab, membaca karya orang lain, terutama yang menulis genre yang sama dengan kamu tetap perlu dilakukan. karena dengan membaca karya orang lainlah, kamu bisa tahu apa yang sudah pernah ada sehingga kamu bisa membuat inovasi.

5. Terlalu Ambisius Menulis Karya yang Sempurna

Kesalahan lain yang sering penulis pemula sadari adalah terlalu ambisius untuk menulis karya yang sempurna. Memiliki target dan ambisi memang bukanlah hal buruk.

Tapi, kamu perlu ingat kalau menulis adalah tentang mengasah kemampuan. Seiring dengan kemampuan yang terus terasah maka kemampuan menulis juga akan semakin meningkat dan bisa menghasilkan tulisan yang semakin baik.

Itulah dia 5 contoh kesalahan yang sering penulis lakukan tanpa sadar, apakah kamu pernah melakukannya juga? Tetap semangat untuk terus memperbaiki diri ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *