Cara Menerbitkan Novel dengan Cepat, Menyenangkan dan Anti Ribet

Cara Menerbitkan Novel dengan Cepat, Menyenangkan dan Anti Ribet

Apakah kamu ingin menerbitkan novel? Sudah selesai menulis naskahnya, tapi bingung akan menerbitkannya di mana? Lalu kamu juga ingin menerbitkan melalui penerbit mayor tapi takut karena proses seleksi lama dan keputusan lolos atau tidaknya masih sulit diprediksi?

Cara Menerbitkan Novel dengan Cepat, Menyenangkan dan Anti Ribet

Jika kamu dalam kondisi demikian, dan ingin menerbitkan novel tanpa ribet maka kamu telah menuju artikel yang tepat. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang akan memudahkan kamu untuk bisa menerbitkan novel, yaitu sebagai berikut ini:

1. Siapkan Naskah Terbaikmu

Beberapa hal yang perlu dilakukan agar naskahmu menjadi lebih baik:

Lakukan revisi naskah

Pertama lakukan proses revisi naskah novelmu. Yaitu memastikan bahwa cerita yang kamu buat telah menarik baik dari segi penokohan sampai dengan plot cerita.

Pada saat akan melakukan proses revisi endapkan terlebih dahulu naskah novelmu tersebut. Setelah itu baca dengan seksama dan nilailah apakah cerita sudah bagus, penokohan sudah bagus, tidak ada plot hole dan lain sebagainya. Proses revisi ini masuk dalam kategori perbaikan mayor.

Pastikan naskahmu sudah rapi

Tips menerbitkan novel tanpa ribet yang pertama adalah dengan memastikan naskahmu rapi. Kerapian ini dari segi kepenulisan yang harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar terbaru yaitu EYD 5.

Selain itu pastikan juga naskahmu minim typo dengan memastikan bahwa sesuai dengan KBBI dan jika kamu menggunakan bahasa slang atau bahasa asing pastikan kamu tulis dengan huruf miring. Jika ada suatu kalimat tertentu yang berasal dari bahasa daerah maka kamu bisa memberikan note di bagian bawah halaman bukumu nanti.

Untuk proses merapikan naskah ini kamu perlu melakukan proses proofreading atau koreksi. Pada proses ini kamu harus menghilangkan mode “penulis” dan beralihlah ke mode proofreader agar objektivitasnya terjaga. Untuk hasil yang maksimal kamu pun bisa menggunakan jasa proofreading naskah.

2. Siapkan Dana atau Pendanaan

Jika kamu ingin menerbitkan novel tanpa ribet dan proses yang lama, maka solusinya adalah dengan menerbitkan secara self publishing atau bisa juga melalui penerbit indie. Karena itu kamu harus menyiapkan dana untuk mendapatkan layanan penerbitan tersebut.

Nah, berapa besar dana ini akan tergantung dengan perusahaan penerbitan yang akan kamu pilih. Untuk menemukan penerbitan terbaik akan saya bahas di tips poin ketiga.

3. Riset Penerbitan

Tips ketiga yang perlu kamu lakukan ialah riset penerbitan. Carilah penerbit terbaik yang mampu memberikan pelayanan yang unggul tanpa ribet dan proses menerbitkan yang menyenangkan dan jika perlu carilah penerbit yang mampu memberikan royalti yang besar.

Sebagai rekomendasinya kamu bisa menggunakan jasa penerbitan novel dari Penerbit Lova. Penerbit Lova ini ialah sebuah penerbitan yang khusus menerbitkan novel romantis dan fiksi dan merupakan bagian dari penerbitan buku terpercaya Detak Pustaka.

Banyak fasilitas yang akan kamu dapatkan dengan menerbitkan di Penerbit Lova. Mulai dari layanan layout, desain cover sampai pengurusan ISBN. Dan hal yang menyenangkannya lagi ialah harga paket penerbitannya murah tapi royaltinya besar sekitar 50%. Sangat menarik, bukan?

Ditambah lagi biaya yang sangat terjangkau mulai dari Rp399.000 sampai Rp999.000 saja. Maka dari itu yuk segera siapkan naskah terbaikmu, mulai nabung dari sekarang dan kirim karya novelmu ke Penerbit Lova. Dan wujudkan impian kamu untuk bisa menerbitkan novel atas namamu sebagai penulisnya dengan proses yang menyenangkan, untuk informasi lebih lanjut silakan klik di sini ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *